Mempersiapkan Balita Melaksanakan Ibadah Shoum Di Bulan Ramadhan

by Emmy Soekresno on Monday, 24 August 2009 at 15:30

Shoum merupakan ibadah ritual yang berhubungan erat dengan proses pembinaan ruhiyah, aqliyah dan jasadiyah. Di dalam ibadah ini anak akan diajak untuk mengenal semakin dalam makna sebenarnya dari bentuk keikhlasan di hadapan Allah SWT . Merasakan kehadiranNya walaupun tidak diketahui wujudNya, yaitu dengan mentaati apa yang telah diperintahkanNya.

Anak tidak hanya belajar menahan diri saja tapi ia juga dilatih untuk selalu bersikap sabar dan tabah. Kebanyakan ulama sepakat bahwa anak tidak diwajibkan melaksanakan shoum sampai usia baligh. Tapi para ulama tersebut menjadikannya sebagai amalan yang sangat dianjurkan.

Mari kita perhatikan bagaimana para sahabat di zaman Rasulullah SAW menjadikan ibadah shoum bukanlah sesuatu yang memberatkan bagi anak-anak. Mereka memberikan kepada anak-anaknya alat untuk bermain sebagai bentuk hiburan ditengah payahnya mereka melaksanakan shoum.

Sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim tentang melatih shoum untuk anak-anak : “ ….. maka kamipun berpuasa dan juga memerintahkan anak-anak kami untuk turut melakukannya. Kemudian kami mengajak anak-anak itu ke mesjid dan memberinya sebuah permainan yang terbuat dari bulu/tanah, agar mereka terhibur dan tidak memikirkan puasanya. Dan apabila salah satu diantara mereka menangis karena merasakan lapar, kami memberinya permainan itu hingga waktu berbuka”.

Jadi tidak ada salahnya kalau dari dini kita sudah membiasakan anak-anak berpuasa. Sudah barang tentu sesuai dengan kemampuannya. Asy-Syahid Sayyid Qutb menegaskan bahwa puasa merupakan persiapan membiasakan jiwa untuk memikul rintangan perjalanan hidup, memantapkan aqidah yang kokoh dan teguh dan sarana mulia untuk menghubungkan manusia dengan Allah berupa kepatuhan dan ketaatan.

 



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s