Melatih Anak Berpuasa Sejak Tahun Pertama Kehidupannya.

by Emmy Soekresno on Monday, 24 August 2009 at 16:12

Tahun pertama kehidupan seorang anak dapat dijadikan titik tolak melatih anak amaliyah ramadhan, yaitu dengan SAFARI IFTHOR. Yaitu anak di ajak keliling mesjid, rumah teman atau tetangga atau kerabat untuk merasakan energi positif kaum mukminin saat berbuka puasa. Ia akan merasakan kebahagiaan itu.

Tahun kedua kehidupannya ajarkan dia makan sahur. Setelah kedua orangtuanya makan sahur, bangunkan anak setengah jam sebelum imsak. Lalu suapi dia dengan makanan yang gampang dimakan seperti aneka nasi goreng. Misalnya nas gor telor, nas gor ayam, nas gor lain-lain.

Nah tahun ketiga kehidupannya anak dapat mulai merasakan kegiatan puasa itu sendiri. Dia diberitahu bahwa puasa adalah sampai Maghrib, tapi jika ia tak kuat bisa sampai Dhuha atau Zuhur. Dan tidak perlu puasa lagi setelah buka, karena akan merusak konsep utamanya yaitu tidak makan dan minum selama berpuasa. Jadi kalau udah makan dan minum udah batal karena dia masih lemah.

Tahun ke empat adalah dimulainya puasa yang sesungguhnya yaitu dari imsak sampai Maghrib. Tentunya persiapkan segala kegiatan, rayuan, VCD pilihan sangat membantu. Tapi anda harus konsisten, apapun yang terjadi anda hibur dia untuk tidak berbuka.

Tipsnya : Saya tidak setuju jika hadiahnya adalah uang karena uang bikin anak matre. Jadi saya ganti jadi kegiatan seni membuat sesuatu yang menyenangkan dan bermanfaat atau kegiatan keluar rumah yang juga ia sukai.

Wallohu a’alam bish showwab



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s